Kenaikan Pangkat Reguler
Kenaikan Pangkat adalah Penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap Negara.  Kenaikan Pangkat Reguler diberikan kepada Pegawai  Negeri Sipil yang tidak menduduki jabatan struktural atau jabatan fungsional tertentu dan diberikan sepanjang tidak melampaui pangkat atasan langsungnya sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dalam pangkat terakhir & setiap unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir. Berkenaan dengan hal tersebut maka Badan Kepegawaian Negara menerapkan pelayanan KPO (Kenaikan Pangkat Otomatis) yang berbasis Paperless. Usulan Kenaikan Pangkat mulai TMT 1 April 2017 sudah berbasis online, baik kelengkapan berkas, surat pengantar ataupun surat pernyataan pertanggungjawaban mutlak semua diupload di Aplikasi Sipekat.

Berikut ini tabel pangkat terakhir yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil :
No. Tingkat Pendidikan Pangkat Tertinggi Golongan Tertinggi
1. Sekolah Dasar (Paket A)
Pengatur Muda II/a
2. Sekolah Menengah Pertama (Paket B)
Pengatur II/c
3. SLTP Kejuruan (Sekolah Teknik) Pengatur Tk. I II/d
4. SLTA/SMA/SMU/SMK (Paket C), SLTA Kejuruan 3 Th / 4 Th, D.I, D.II
Penata Muda Tk. I III/b
5. Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa, D.III, Sarjana Muda, Akademi, Bakaloreat Penata III/c
6. S.1 / D.IV Penata Tk. I III/d

Kelengkapan Data untuk Kenaikan Pangkat Reguler :

  1. Kartu Pegawai (KARPEG);
  2. SK Pengangkatan Menjadi CPNS;
  3. SK Pengangkatan Menjadi PNS bagi PNS yang baru pertama kali naik pangkat;
  4. SK Kenaikan Pangkat terakhir;
  5. SK Konversi NIP baru bagi PNS yang diangkat CPNS sebelum Tahun 2008;
  6. Ijazah Sarjana dan transkrip yang dilegalisir oleh Perguruan Tinggi serta Surat Ijin Belajar atau surat keterangan pendidikan bagi yang mempunyai Ijazah setingkat lebih tinggi yang belum masuk dalam SK Kenaikan Pangkat Penata Muda Tk.I (III/b), foto copy ijazah SMA/Paket C beserta nilai ijazahnya dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dan Ijin Belajar atau surat keterangan pendidikan bagi yang belum masuk dalam SK Kenaikan Pangkat Pengatur (II/c), foto copy ijazah SMP/Paket B beserta nilai ijazahnya dilegalisir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Surat Ijin Belajar atau surat keterangan pendidikan bagi yang belum masuk dalam SK Kenaikan Pangkat Pengatur Muda (II/a);
  7. Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) atau Surat keterangan pendidikan, surat Ijin Belajar dan Ijazah Sarjana, transkrip yang dilegalisir oleh Pejabat berwenang bagi PNS yang diusulkan naik pangkat dari gol./ruang II/d ke III/a;
  8. Penilaian Prestasi Kerja PNS 2 Tahun terakhir, yang terdiri dari atas unsur SKP (Sasaran Kerja Pegawai), Penilaian Capaian Sasaran Kerja PNS dan Perilaku Kerja.

 

Selanjutnya berkas persyaratan usulan kenaikan pangkat yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang, Surat pengantar persetujuan usulan kenaikan pangkat dan lampiran daftar nominatif serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dari Kepala OPD di-scan lalu di-upload melalui aplikasi tersebut. Apabila melebihi batas waktu yang telah ditentukan, akan diproses pada periode kenaikan pangkat berikutnya. Untuk edaran kenaikan pangkat tersebut dapat didownload melalui aplikasi pada tombol seperti berikut ini :