Penilaian Prestasi Kerja PNS
Dasar hukum :
  1. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS
  2. Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS
Penilaian Prestasi Kerja PNS adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS.
Sasaran Kerja Pegawai (SKP) adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS.
Perilaku Kerja adalah setiap tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh PNS atau tidak melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Pejabat Penilai adalah atasan langsung PNS yang dinilai dengan ketentuan paling rendah pejabat struktural eselon V atau pejabat lain yang ditentukan.
Atasan pejabat penilai adalah atasan langsung dari Pejabat Penilai atau Pejabat lain yang ditentukan. 
Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil dilaksanakan secara sistematis yang penekanannya pada tingkat capaian sasaran kerjapegawaian atau tingkat capaian hasil kerja yang telah disusun dan disepakati bersama antara Pegawai Negeri Sipil dengan Pejabat Penilai.
Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil secara strategis diarahkan sebagai pengendalian perilaku kerja produktif yang disyaratkan untuk mencapai hasil kerja yang disepakati dan bukan penilaian atas kepribadian seseorang Pegawai Negeri Sipil. Unsur perilaku kerja yangmempengaruhi prestasi kerja yang dievaluasi harus relevan dan berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan dalam jenjang jabatan setiap Pegawai Negeri sipil yang dinilai.
Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja.
Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil dilakukan berdasarkan prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

e-SKP / SKP online 

Aplikasi berbasis web yang berguna memfasilitasi ASN untuk :

  1. Menyusun dan melaporkan Sasaran Kerja, realisasi, dan Penilaian Prestasi Kerja PNS
  2. Untuk merekam kegiatan kedinasan harian PNS yang harus dilakukan validasi oleh atasan langsung untuk memastikan kebenaran pelaksanaan kegiatan sesuai tupoksinya
Latar Belakang
  1. Penyusunan SKP sampai dengan Penilaian Prestasi Kerja PNS masih dilakukan secara manual sehingga penilaian tersebut tidak terekam secara sistematis dan keseluruhan dalam satu database.
  2. Diperlukan alat atau media bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam menyusun SKP tahunan dan merekam data kegiatan kedinasan/ aktifitas harian PNS yang menjadi bahan pertimbangan penilaian prestasi kerja PNS
Dasar
  1. UU Nomor 5 Tahun 2014
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil
  3. Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil
TUJUAN
Untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi seluruh PNS dalam menyusun dan melaporkan sasaran kerja tahunan dan kegiatan kedinasan harian sehingga kinerja dapat terdokumentasi dan terukur.

MANFAAT
  1. Prestasi Kerja PNS tersimpan dalam sistem dan dapat dipantau dengan mudah (Target Tahunan, Realisasi Target dan Nilai Perilaku)
  2. Kemudahan dalam mengontrol kegiatan kedinasan yang dilakukan oleh bawahan untuk mengetahui tingkat produktifitas PNS
  3. Kegiatan kedinasan dapat menggambarkan adanya kesesuaian atau tidak antara Jabatan dengan pelaksanaan tugas fungsi PNS, yang digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja PNS dan bahan pertimbangan penilaian prestasi kerja PNS tahunan
  4. Nilai capaian kegiatan kedinasan digunakan sebagai dasar perhitungan TPPD (Tambahan Penghasilan PNS Daerah)