Informasi Detil
07-12-2020
PELAKSANAAN TES URINE NARKOBA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO
Dalam rangka melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba pada Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo , dan berdasrakan Intruksi Presiden Republik Indonesia  Nomor : 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika Tahun 2020-2024, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo bekerjasama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan Test Urine bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Adapun Tes Urine dimaksud dilaksanakan pada tanggal 1 Desember sampai dengan 4 Desember 2020 dengan metode sampling sebanyak 15 orang ASN untuk setiap OPD sejumlah 22 (dua puluh dua) OPD.
Selain sebagai pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, Kegiatan Tes Urine yang dilakukan ini merupakan salah satu bentuk upaya deteksi dini penyalahgunaan Narkoba dengan harapan bahwa jika ditemukan Aparatur Sipil Negara yang mennggunakan Narkoba dapat segera diberikan penanganan/rehabilitasi sebelum sampai tahap kecanduan atau tertangkap tangan oleh Aparat Penegak Hukum. Berdasarkan hasil tes urine yang telah dilaksanakan, ditemui Aparatur Sipil Negara yang positif dan setelah diwawancarai terhadap Aparatur Sipil Negara positif bahwa Aparatur Sipil Negara tersebut dalam kondisi mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri sehingga berpotensi menimbulkan positif palsu dalam tes urine yang dilakukan.
Selanjutnya, hasil test urine dimaksud ditulis dalam berita acara dan diserahkan kepada OPD sebagai bagian Rencana Aksi P4GN di masing-masing OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini adalah sebagai langkah awal dan akan di laksanakan secara rutin dan berkala ditahun berikutnya.(Bid_Binkes)