Informasi Detil
15-08-2017
Assessment Tahap II Digelar, BKD Siapkan Talent Pool Pegawai

SIDOARJO –  BKD kembali menggelar uji kompetensi (assessment) tahap II. Ada sekitar 200 pegawai yang diikutkan dalam uji kompetensi kali ini. Dalam pembukaan hari pertama kemarin(14/8), ada sekitar 50 pegawai yang mengikuti kegiatan uji kompetensi yang berada di ruang CBT lantai 2 BKD. Sisanya rencananya akan diikutkan dalam 3 hari ke depan.

Kepala BKD Sidoarjo Sri Witarsih, SH.,MH. dalam pembukaan acara mengatakan bahwa assessment ini dilakukan sebagai persyaratan pemetaan kompetensi PNS. Dimana dari hasil assessment tersebut, BKD akan melakukan pemetaan dari  kompetensi masing-masing pegawai yang ada di Sidoarjo.

Selanjutnya dari pemetaan tersebut dimasukkan dalam peta talenta (talent poll). “Kita juga sudah punya standar perumpunan jabatan” ucapnya. Ada rumpun administrasi, hukum, kemasyarakatan dll. Sehingga ke depan dia berharap masing-masing PNS dapat ditempatkan sesuai dengan kualifikasi dan kompetensinya. Hal ini juga telah diamanatkan oleh UU ASN maupun dalam PP  No. 11 Tahun 2017 tentang managemen ASN

Untuk menjamin transparansi dalam kegiatan ini, tes kompetensi dilakukan secara computerized. Setiap peserta mengerjakan tes dengan sistem komputer. “Penilaiannya akan keluar secara otomatis” ujarnya. Para assesor juga sengaja didatangkan dari Badan Diklat Provinsi Jawa Timur maupun assesor Independent. “Ini semua kami lakukan untuk menjamin pelaksanaan assesment yang transparan dan obyektif” tandasnya. (adh)